Macam-macam Motif Kain Tapis

1. Motif Lereng-lereng

Motif lereng-lereng adalah jenis motif yang paling populer dimasyarakat Lampung. Motif ini juga sering dijadikan guru prakarya/seni sebagai tugas para murid di sekolah (Lampung) dalam membuat sebuah jaitan Kain Tapis yang bermotif lereng-lereng. Motif lereng-lereng juga sering digunakan para pemproduksi Kain Tapis sebagai motif utamanya. Warna pada bagian belakang dari motif ini berwarna merah, dan warna dari segitiga yang menyerupai bentuk lereng-lereng berwarna emas agar terlihat lebih serasi dan indah.

2. Motif Gunung

Motif ini terbilang motif yang sangat indah bila dikerjakan secara teliti. Bentuk dari motif ini berupa segitiga yang sedikiti besar yang terlihat seperti gambaran motif sebuah gunung. Maka motif yang satu ini dinamakan motif gunung oleh masyarakat Lampung.

3. Motif Bukit

Seperti namanya, motif ini dinamakan motif bukit karena bentuk dari motif ini terlihat seperti sebuah bukit. Motif ini sering dibuat motif kreasi oleh masyarakat Lampung, bentuk motif ini yang menyerupai bukit dirubah menjadi bentuk mahkota siger yang terlihat sangat indah.

4. Kain Tapis Motif Ayat Kursi Bordir



5. Kain Tapis Motif Ayat Kursi Sulam



6. Kain Tapis Motif Ayat Kursi Full Benang Emas



7. Kain Tapis Motif Asmaul Husna



8. Kain Tapis Motif Al-Fatihah



9. Kain Tapis Motif Kapal



10. Kain Tapis Motif Kapal Naga


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Tapis Lampung

Pengertian Kain Tapis Lampung